Tips Pemeliharaan Ayam Bekisar

kandangA. Pemeliharaan Ayam Bekisar Anakan
Setelah telur menetas, anak ayam tersebut dipelihara seperti memelihara ayam kampung biasa hingga berumur ± 2 bulan. Anak ayam bekisar jantan perlu dipelihara secara khusus, Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan anak bekisar adalah:

  1. Kandang
    Kandang anak ayam bekisar yang telah berumur ± 2 bulan harus dirancang sedemikian rupa supaya:
    -memudahkan pembersihannya;
    -dapat dikerek seperti burung perkutut setiap hari;
    -satu kandang hanya untuk satu ekor anak ayam bekisar;
    -terlindung dari perubahan cuaca
    -menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi ayam;
    -tahan cuaca (hujan atau panas matahari);
    -mudah dimandikan, seminggu sekali;
    -mudah ditangkap, bila akan dilakukan vaksinasi atau pengobatan dari berbagai penyakit;
    -mudah ditempatkan pada suatu tempat yang aman, terutama pada malam hari.
  2. Makanan
    Makanan untuk anakan ayam bekisar yang masih berumur ± 1 minggu sampai 2 bulan harus cukup mengandung gizi. Salah satu contoh yang sederhana seperti: Katul beras yang halus (nomor 1) atau jagung halus (ampok jagung) dan harus diberikan dalam keadaan kering.

    Pemberian air minum harus cukup (selalu tersedia), bersih dan bebas dari segala macam bibit penyakit. Air minum dapat juga diberi vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh anak ayam untuk pertumbuhannya dan untuk membentuk daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

    Anakan ayam bekisar dapat juga diberikan berbagai serangga seperti, jangkrik, belalang, kruto dan Iain-lain. Serangga-serangga ter-sebut memiliki kandungan protein hewani yang tinggi sehingga sangat membantu pertumbuhan badan dari ayam bekisar tersebut. Dapat juga diberikan sayur-sayuran yang dicacah seminggu dua kali.

  3. Sanitasi
    Anakan ayam bekisar yang ditempatkan dalam kandang yang beralaskan sekam, maka setiap seminggu sekali harus diganti dengan sekam baru. Kotoran ayam dapat menjadi sumber penyakit, maka kebersihan kandang harus selalu terjamin.

    Apabila ada anak ayam yang mati, maka kandang anak ayam tersebut harus dicuci dengan menggunakan antiseptik. Tempat makanan harus selalu bersih. Oleh. karena itu pemberian makanan diusahakan satu kali habis. Tempat makan dan minum harus diusahakan dari bahan yang mudah untuk dibersihkan.

B. Pemeliharaan Ayam Bekisar Remaja
Anak ayam bekisar yang sudah berumur antara 2-6 bulan ter-masuk bekisar remaja. Selain faktor genetik, pada umur-umur tersebut sangat menentukan baik buruknya postur dan kokok dari ayam bekisar. Oleh karena itu, pada umur-umur ini anak ayam bekisar harus men-dapatkan perhatian khusus, terutama dalam hal pemeliharaannya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan ayam bekisar remaja adalah:

  1. Kandang
    Ayam bekisar yang berumur 2 sampai 6 bulan memerlukan kandang khusus. Kandang tersebut harus dirancang sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat kesehatan dan dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi ayam tersebut.

    Penempatan kandang, terutama pada malam hari, harus diusahakan tidak terganggu dengan adanya perubahan cuaca atau hembusan angin secara langsung. Ayam bekisar juga perlu dilatih berkokok dengan cara dikerek seperti burung perkutut.
    Oleh karena itu kandang ayam tersebut juga harus dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dikerek.

  1. Makanan
    Makanan yang diberikan kepada ayam bekisar remaja hampir sama dengan yang diberikan kepada ayam bekisar anakan, hanya saja bentuk butirannya lebih besar sedikit. Pemberian makanan tidak boleh terlambat dan tidak boleh terlalu berlebih.

    Dengan kata lain pemberian makanan harus disesuaikan dengan besarnya tembolok dan diberikan dua kali sehari. Makanan yang diberikan terdiri dari jagung kecil/pecah dan beras merah, dan seminggu sekali diberi kruto, rayap, jangkrik dan lain sebagainya. Dapat juga ditambah dengan berbagai sayuran yang dicacah.

    Selain makanan, air minum juga harus selalu diperhatikan terutama kebersihannya. Air minum harus tawar, bersih dan selalu tersedia dalam jumlah yang cukup. Dapat juga dalam air minumnya ditambah dengan vitamin dua kali dalam seminggu. Vitamin ini sangat diperlukan oleh tubuh ayam bekisar remaja untuk pertumbuhan dan proteksi tubuh terhadap serangan penyakit. Dan perlu juga dilakukan vaksinasi secara rutin dan benar untuk mencegah timbulnya penyakit.

  1. Sanitasi
    Ayam bekisar remaja harus selalu terjaga kebsrsihannya, baik ke-bersihan ayam itu sendiri maupun tempat (kandang/sangkar) dan lingkungan sekitamya. Setiap seminggu sekali ayam bekisar remaja harus dimandikan, supaya kotoran-kotoran yang menempel pada tubuhnya hilang.

    Sebab, kotoran yang menempel pada tubuhnya dapat menjadi sumber penyakit atau sarang penyakit. Kandangnya/sangkarnya juga harus selalu dijaga kebersihannya; sisa-sisa makanan atau kotoran ayam itu sendiri harus selalu dibersihkan. Apabila ada ayam yang mati harus segera dibuang (dibakar/dibenam), dan kandang/sangkarnya dicuci/ dibersihkan dengan bahan antiseptik. Lingkungan di sekitar kandang harus selalu bersih, tidak lembab dan tidak berisik, supaya ayam tersebut merasa aman dan nyaman.

    Jadi, pada prinsipnya pemeliharaan ayam bekisar remaja harus benar-benar mendapat perhatian yang khusus. Sebab pada umur-umur tersebut sangat menentukan kualitas ayam bekisar di kemudian hari.

C. Pemeliharaan Ayam Bekisar Dewasa
Ayam bekisar yang dikategorikan dewasa adalah yang sudah ber-umur lebih dari 6 bulan. Pada saat ayam bekisar menginjak usia dewasa, biasanya banyak terjadi perubahan seperti, warna bulu dan lengkapnya bulu (ekor) serta suara kokok ayam bekisar tersebut.

Pemeliharaan ayam bekisar dewasa pun tidak kalah pentingnya dengan bekisar anakan atau bekisar remaja. Sebab, suara kokok ayam bekisar ini akan berubah menjadi jelek bila cara perawatan dan pemeliharaannya tidak benar. Adapun yang perlu diperhatikan dalam perawatan dan pemeliharaan ayam bekisar dewasa adalah:

  1. Kandang
    Kandang ayam bekisar dewasa disesuaikan dengan tujuan ayam bekisar tersebut dipelihara: Apakah dipelihara untuk mengikuti kontes, ataukah dipelihara untuk dijadikan sebagai penambah keindahan.

    Kandang bekisar untuk kontes
    -Ditempatkan pada kandang/kurungan yang mudah dikerek dan mudah ditempatkan di ruangan pada malam hari.
    -Kandang Ayam bekisar dikerek setiap hari seperti burung perkutut, terutama pada pagi hari
    -Tinggi tiang kerekan ± 8 meter, ditempatkan pada tempatyang
    -kena sinar matahari secara langsung.
    -Kandang hams selalu dibersihkan dari kotoran ayam tersebut.
    -Kandang/kurungan dibuat dari bahan yang cukup kuat dan tahan lama serta aman dari gangguan manusia atau binatang lain.

    Kandang ayam bekisar hias
    Kandang ayam bekisar hias untuk dipajang di depan rumah, di kantor ataupun di hotel, harus dibuat sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat kesehatan sekaligus memiliki keindahan.
    -Kandang harus ditempatkan pada tempat-tempat yang ter-hindar dari tiupan angin secara langsung atau terhindar dari pengaruh hujan.

  1. Makanan
    Makanan untuk ayam bekisar dewasa terdiri atas jagung kecil (ma-dura) dan beras merah. Pemberian makanan cukup satu genggam satu kali pemberian dalam sehari. Seminggu sekali diberi kruto, rayap, belalang atau jangkrik sebagai sumber protein hewani. Dapat juga diberi daun sayur-sayuran (bayem, kangkung dan lain sebagainya) seminggu sekali. Pemberian makanan tidak boleh berlebihan, tetapi cukup untuk hidup sehari saja, demikian juga esok harinya.

    Selain makanan, air minum juga harus selalu tersedia, bersih dan tawar. Secara tradisional orang Madura memberi minum ayam bekisar dengan cara memasukkan tempurung kelapa yang dibakar hingga membara ke dalam air minumnya. Mereka percaya bahwa dengan cara demikian ayam bekisar tersebut kokoknya menjadi keras dan melengking tinggi dengan sempurna.

  1. Sanitasi
    Untuk menjaga kesehatan, ayam bekisar dua kali seminggu harus dimandikan dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat pada tubuhnya atau bulunya. Kandangnya juga harus dibersihkan dari segala macam kotoran baik yang berasal dari kotoran ayam bekisar itu sendiri maupun sisa-sisa makanannya.

    Demikian juga tempat makanannya atau minumannya harus selalu dibersihkan sebelum diganti dengan makanan atau minuman yang baru. Untuk mencegah atau membentuk daya tahan tubuh terhadap serangan pe-nyakit, ayam bekisar tersebut juga perlu diberi vaksinasi secara rutin dan tepat/benar.

    Keberhasilan pemeliharaan atau penangkaran ayam bekisar sebe-narnya sangat tergantung dari si pemeliharanya sendiri. Sebab, pemeliharaan ayam bekisar membutuhkan ketelitian, keuletan, ketekunan dan perhatian (kasih sayang) dari si pemeliharanya. Pemeliharaan yang acak (sembarangan) dapat mengakibatkan perubahan-pembahan ter¬hadap ayam bekisar, terutama perubahan pada suara kokoknya.

Kunjungi juga halaman Induk Ayam Kampung Betina Penentu Kualitas Ayam Bekisar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *