Pengawasan asap merupakan bidang yang perkembangannya paling menyolok

asapPittsburgh bukan lagi “kota asap”, dan orang-orang London kini menikmati 70 persen cahaya matahari di bulan Desember dibanding dengan bulan yang sama pada tahun 1958. Buangan oksida sulfur di London juga telah dikurangi, akan tetapi dengan cara yang sedikit perlahan. Baru dalam dasawarsa terakhir sebagian besar negara mulai menekan sumber-sumber polusi . utama dibanding dengan sumber-sumber penyebab asap. Oksida sulfur dan banyak zat partikulat lainnya yang berasal dari sumber-sumber obat penyembuh penyakit diabetes tak bergerak yang sudah diketahui pada umumnya paling mudah dikurangi. Peralihan besar-besaran dari batubara ke minyak dan gas alam sebagai bahan pembangkit tenaga dengan sendirinya telah mengurangi buangan oksida sulfur. Setidak-tidaknya, di negara-negara yang lebih maju berbagai perubahan disalin dan alat pengontrol polusi dalam mobil buatan baru cukup mengurangi buangan monoksida karbon serta hidrokarbon, akan tetapi itu semua tak begitu efektif dalam menghadapi oksida nitrogen.

Bersamaan dengan itu pertumbuhan jumlah kendaraan mobil di jalanan cenderung menutupi hasil-hasil yang telah dicapai oleh pengawasan atas kendaraan-kendaraan pribadi. Semenjak tahun 1970, setelah sekian puluh tahun mengalami pertumbuhan yang terus-menerus, tingkat-tingkat buangan dari segenap polutan utama selain oksida , nitrogen di AS telah menurun. Buangan oksida di Jepang juga mulai menurun, walaupun kabut fotokemis tetap saja memburuk. Namun, perkembangan-perkembangan di tingkat nasional bisa mengaburkan adanya kemunduran di beberapa daerah. Washington DC, misalnya, mengalami masa kabut yang terburuk di musim panas tahun 1975, dan bahkan lebih buruk lagi pada musim panas tahun 1976.

Di mana pengawasan dilakukan, di situ berbagai manfaat atas kesehatan nampaknya sudah mulai terlihat. pengaruh monoksida karbon atas darah dari penduduk Chicago yang tidak merokok menurun 18 persen antara tahun 1970 hingga 1974, dan itu mungkin karena kualitas udara telah membaik. Di balik penolakan dasar dari perorangan dan perusahaan- perusahaan untuk mengeluarkan uang dan mengubali gaya hidup demi untuk membersihkan udara, usaha-usaha untuk mengawasi polusi telah dihambat oleh terbatasnya pengetahuan dan teknologi. Pada umumnya, kita tetap belum tahu secara pasti polutan-polutan apa yang mengakibatkan hal-hal apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *