Kadangkala waktu berdiri baiknya dipakai kain penyangga lengan dimuka dada

Tetapi usaha yang terbaik untuk menghindari pembengkakan itu ialah dengan sering dan giat melakukan latihan. segera setelah lukanya sembuh dengan baik yang seraru disertai dengan rasa gatal, Iatihan ditambah dengan obat herbal ampuh untuk diabetes menggerakkan lengan ke atas dan turun kembali. Mula-mula gerakan tersebut terasa agak lamban dan begitulah memang keadaannya. Tetapi dalam waktu satu atau dua bulan gerakan lengan akan kembali seperti semula. Perhatikan : jangan mengadakan gerakan melampaui batas.

sehataLakukanlah dengan santai dan sesuai dengan anjuran dokter anda. Disaat-saat anda meninggarkan rumah sakit, yaitu 7 atau 10 hari kemudian, latihan dapat ditingkatkan dengan tambahan 3 macam gerakan lagi. Yang paling mudah adalah gerakan kesamping. untuk memperagakannya, berdirilah tegak lurus dengan kedua lengan disamping tubuh dan jari menuju kearah bawah. Kini angkatiah kedua Iengan dengan lurus keatas hingga mencapai ketinggian bahu. Perhatikan : siku lengan jangan ditekuk.

Gerakan berikutnya adalah memanjat dinding. Lakukan latihan tersebut dengan berdiri menghadap ke tembok dengan kedua telapak tangan ditekan pada tembok setinggi bahu. Gunakan jari-jari anda untuk “merayap” pada dinding sampai jauh kesamping kiri dan kanan.

Selanjutnya latihan untuk mengkaitkan B.H. (kutang) dengan upaya sendiri, juga merupakan latihan yang baik. Berusahalah untuk meraih bagian belakang punggung hingga kedua ibu jari dapat menggaruk bagian bawah tulang’belikat, sambil membayangkan sedang mengkaitkan BeHa.

Dari dokter anda, anda akan memperoleh keterangan ratihan apa saja yang harus anda jalankan dan kapan anda harus melakukannya. Jangan mulai sebuah latihan tanpa memperoleh ijin terlebih dahulu dari dokter anda, dan ingat bahwa andapun harus rajin mengerjakannya dirumah. “Lepas” dari rumah sakit merupakan sebuah pengalaman tersendiri yang cukup emosionil. Yang jelas, anda merasakan kegembiraan setelah berada kembali di rumah, berkumpul dengan keluarga, tetapi pada saat yang bersamaan anda mungkin akan bertanya pada diri sendiri mungkinkah aku dapat membiasakan diri kembali dengan segala kegiatan yang ada dirumah? Akan sangat membantu bila dirumah selama beberapa waktu anda dibantu oleh suami, teman atau pembantu agar tidak menjadi terlampau capai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *