Herpes Simpleks Kronis Progresif: Penyebab,Gejala dan Pengobatan

Apa itu yang di sebut dengan herpes simpleks kronis progresif, sebelum kita membahasnya lebih lanjut mari kita simak artikel ini terlebih dahulu. Kulit manusia merupakan salah satu organ tubuh terpenting serta paling luar dari bagian tubuh manusia, kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang cukup sensitif dengan berbagai macam penyakit. Penyakit kulit ini bisa dikarenakan  berbagai macam faktor. Di antaranya seperti penyakit herpes kulit.

herpes simpleks kronis progresif

Herpes kulit adalah sebuah penyakit yang menyerang kulit yang disebabkan virus. Macam-macam dari penyakit herpes kulit ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu herpes simplex serta herpes zoster serta penyakit ini juga bisa disebabkan jenis virus yang berbeda pula. Infeksi virus di kulit bisaterjadi secara eksogen dan juga endogen.

Infeksi endogen sendiri yaitu sebuah virus yang berada di permukaan mukosa yang ada di dalam tubuh sebagai infeksi laten.

Infeksi eksogen merupakan penularan melalui kontak langsung ataupun bisa melalui benda terinfeksi seperti tanah. Infeksi ini sebenarnya tidak langsung dapat dibawa udara, alat yang bisa terinfeksi seperti transfusi darah.

Penyakit herpes kulit ini biasanya disebabkan  mikroorganisme yang tidak dapat berkembang biak di suhu tubuh internal. Gejala herpes kulit ini cukup umum yaitu lepuhan kecil muncul atau vesikel yang dikarenakan oleh virus herpes. Herpes kulit serta membran mukosa akibat virus ini apabila vesikel sembuh, tetap ada virus ini ada di dalam tubuh secara laten.

Tanda serta gejala umum terjadi untuk para penderita herpes kulit yaitu sulit bernapas, nyeri badan terasa menggigil, bagian tubuh terasa pegal dan pada ersendian. Gejala paling mudah untuk dikenali yaitu timbulnya bintik merah di kulit kemudian bisa berkembang membentuk gelembung berisi cairan. Cairan ini bisa menularkan penyakit herpes di kulit.

Penyebab Herpes Kulit
Penyebab herpes kulit sendiri merupakan virus yang cara penularanya dari satu orang ke orang lain seperti melalui kontak langsung serta juga kontak tidak langsung. Penularan herpes kulit ini melalui kontak secara langsung yaitu seperti sentuhan berciuman, berpelukan, tangan, dan hubungan seksual. Penularan herpes pada kulit dari kontak tidak langsung seperti dengan memakai suatu benda secara bersama-sama seperti peralatan mandi, peralatan makan  dan jugajuga penggunaan telepon.

Gejala Herpes kulit
Penyakit herpes kulit ini ditandai timbulnya gejala demam seperti kesemutan, pembengkakan pada kelenjar getah bening, dan munculnya gelembung kecil seperi lepuhan berisi cairan di kulit yang terinfeksi virus, dan kemerahan di kulit disekitaran lepuhan. Umumnya gejala penyakit kulit ini bisa sembuh dalam jangka waktu 7-10 hari.

Herpes kulit ini dapat menular dari berbagai cara seperti berciuman, sentuhan secara langsung di kulit, berhubungan seksual, serta penggunaan barang tertentu bersamaan.

Seseorang jika terkena herpes kulit walau gejala lepuhan serta luka di kulit seseorang sudah hilang ia mengalami masa virus yang tidak aktif (laten) serta bisa menularkan virus ini ke orang lain.

Virus herpes ini bisa saja kambuh kapan saja si saat tubuh keadaanya lemah ataupun pada kondisi tertentu yang dapat menyebabkan virus ini aktif kembali. Aktifnya virus juga terkadang timbul tanpa adanya  gejala luka terlebih dulu.

1. Herpes Simpleks (herpes simplex)
Jenis herpes kulit satu ini bisa disebabkan virus herpes simpleks (HSV). Ada 2 macam virus herpes ini yaitu HSV-1 dan HSV-2. Virus herpes simpleks merupakan sejenis virus yang terjadi dengan eksogen. Reaktivasi virus variscella serta simpleks bisa  terjadi secara eksogen.

Untuk bisa memastikan jenis-jenis herpes kulit ini diperlukan pemeriksaan di laboratorium guna mengetahui virus ini berada. Laboratorium mungkin akan meminta mengkonfirmasikan diagnosis infeksi apabila perlu keputusan terapeutik ataupun pengendalian infeksi.

Herpes Mulut (cold sore) karena virus HSV-1
Herpes simpleks 1 (HSV-1) ini yaitu virus yang menyerang bagian kulit luar seperti bibir sehingga bisa disebut herpes mulut. Selain bibir HSV-1 ini juga menyerang kulit tangan serta alat kelamin jika orang tersebut tertular ketika melakukan oral sex.

Infeksi HSV-1 di bibir biasanya juga disebut dengan cold sore. Cold sore ini cenderung kambuh pada tempat yang sama serta gejalanya juga sangat mirip sariawan. Perbedaannya dari sariawan yaitu kalau sariawan menyerang bagian di dalam mulut sedangkan cold sore sendiri menyerang bibir di bagian luar, lidah ataupun bagian dalam pipi. Herpes kulit untuk bayi sering muncul di daerah disekitar mulut dan juga hidung. Penyebab herpes di kulit bayi ini biasanya adalah dari orang dewasa yang menciumnya. Herpes kulit di bibir orang dewasa dapat juga tertular melalui cium.

Obat Herpes Kulit di Mulut Karena Virus HSV-1
Obat herpes kulit ini bisa dipakai guna mencegah perkembangan cold sore adalah obat yang mengandung docosanol 10% krim ataupun tetracain 2%. Zat aktif ini akan menekan reseptor sensoris serta mengurangi rasa sakit serta gatal. Luka lepuhan ataupun cold sore sebaiknya dijaga supaya tidak mengering ataupun pecah. Lepuhan pecah ini sangat mudah terinfeksi bakteri lain.

Penyebab yang membuat herpes mulut  kambuh yaitu :

  • Berjemur sinar matahari
  • Penyakit seperti pilek, demam, atau flu
  • Stres
  • Sistem kekebalan tubuh menurun
  • Luka di kulit
  • Perubahan hormone pada wanita berubah seperti menstruasi

Herpes Genital ataupun Herpes Kelamin akibat Virus HSV-2
Penyakit herpes kulit ini menyerang alat vital yang biasanya akibat virus herpes simplek 2 (HSV-2). Jenis herpes kulit yang diakibatkan HSV-2 ini mempunyai banyak nama seperti herpes genital, herpes kelamin, dan herpes genitalis. Gejala herpes kulit pada HSV-2 ini ditandainya dengan bintil-bintil yang berisi cairan yang cukup gatal di sekitar area alat kelamin.

Diagnosa serta Penyembuhan Herpes di Kulit karena Virus Herpes Simpleks-2
Diagnosa dengan cara medis herpes simpleks bisa dilakukan dengan kultur virus, memeriksa sampel di mikroskop electron bisa juga memeriksa darah atau serologi. Pengobatan herpes kulit simpleks ini biasanya memakai terapi obat asiklovir diminum ataupun memakai suntikan intravena bisa juga didukung antibiotic yang lain. Untuk bisa meringankan rasa nyeri di luka dapat dikompres menggunakan cairan burrow, air dingin, ataupun dengan menggunakan krim steroid.

Mencegah Herpes Kulit Genital agar tidak Kambuh Kembali
Pencegahan kambuhnya penyakit herpes pada kulit simplex ini yaitu dengan menghilangkan faktor pemicunya yaitu menghindari cuaca dingin serta panas terik matahari. Cara untuk mencegah herpes kelamin ini kambuh kembali yaitu dengan cara menghindari makanan yang dapat menyebabkan alergi. Alergi bisa juga menyebabkan daya tahan tubuh jadi menurun sehingga dapat memicu virus herpes tertidur jadi aktif kembali. Guna mencegah herpes kulit dibibir dan juga mulut, lakukanlah pemeriksaan kebersihan mulut secara rutin bisa juga  menghindari sikat gigi yang dapat menimbulkan iritasi.

2. Penyakit Herpes Zoster
Herpes zoster ini adalah penyakit herpes kulit yang dapat terjadi sesudah orang pernah mengalami cacar air. Hal ini akibat herpes zoster dan cacar air, penyakit herpes kulit yang disebabkan oleh virus yang sama yaitu virus varicella zoster.

biasanya Cacar air ini muncul 1-3 minggu sesudah terinfeksi virus varicella zoster. Sesudah serangan cacar air virus dapat juga bersembunyi di sel saraf. Penderita cacar air dulunya yang melakukan kontak cairan luka herpes zoster ini mungkin bisa tidak tertular herpes zoster ini. Tapi, orang yang dahulunya belum pernah menderita cacar air jika terinfeksi virus herpes zoster ini bisa terkena cacar air.

Herpes zoster (shingles) bisa sembuh dengan sendirinya jadi tidak ada obatnya. Pengobatanya sendiri biasanya ditunjukan guna mengurangi rasa nyeri serta mengurangi tingkat keparahan penyakit.

Cara untuk pencegahan herpes zoster ini adalah dengan cara menghindari kontak dengan luka herpes zoster ataupun dengan benda yang sudah terinfeksi virus zoster ini. Stres pada tubuh dapat menyebabkan virus jadi aktif dan bisa juga menyebabkan herpes zoster.

Gejala Herpes Zoster
Gejala dari herpes zoster diawali dengan ruam yang terasa nyeri ataupun demam, pilek, gatal, cepat, lesu, merasa lelah, dan juga lemah. gejala herpes zoster ini selanjutnya sakit kepala, rasa pusing, nyeri sendi, pegal-pegal, dan kulit yang terinfeksi terasa lunak.

Timbullah bintik kemerahan Beberapa hari kemudian lalu berubah jadi gelembung yang berisi cairan seperti cacar air tapi berkumpul di sepanjang kulit dilalui oleh saraf yang sudah terinfeksi. Lepuhan baru bisa terus muncul serta membesar sampai satu minggu kemudian. Jaringan kulit pada sekitar gelembung bisa membengkak akibat peradangan di karenakan virus varicella zoster.

Lepuhan pada kulit herpes zoster bisa terasa gatal. Lepuhan pecah ini bila kering bisa membentuk koreng apabila sembuh bisa meninggalkan kulit berwarna gelap. tapi seiiring waktu bercak hitamnya pada kulit bisa menghilang. Bercak ini lama-kelamaan pudar tanpa meninggalkan bekas.

Virus varicella-zoster ini umumnya bisa mempengaruhi saraf di satu sisi tubuh tapi terkadang juga bisa mempengaruhi saraf bersebelahan. Saraf di kulit bagian dada ataupun perut adalah bagian tersering muncul lepuhan. Muka pada bagian atas serta mata ini juga sering terinfeksi.

Herpes zoster di wajah umumnya bisa mengakibatkan sakit kepala akut serta otot wajah sulit digerakkan.

Diagnosis herpes zoster ini dipastikan pengambilan sampel lukanya pada kulit guna menentukan keberadaan dari virus ataupun bisa juga dengan pemeriksaan tes darah. Herpes zoster (shingles) yang aktif biasanya berlangsung 3 samapai 5 minggu. Tapi terdapat  komplikasi yang terjadi seperti postherpetic neuralgia (PHN) ataupun infeksi bakteri pada lepuhan.

Komplikasi herpes zoster postherpetic neuralgian bisa mengakibatkan rasa yang  nyeri walaupun ruamnya sudah hilang dan infeksi bakteri di lepuhan. Keadaan seperti ini harus segera diobati, mengingat bahwa obat herpes paling ampuh sekarang ini sudah mulai langka atau sulit dicari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *