Gejala Keputihan Pada Wanita Yang Abnormal Serta Penyebabnya

Gejala Keputihan Pada Wanita Yang Abnormal Serta Penyebabnya – keputihan adalah sebutan umum yang di pakai untuk infeksi organ kewanitaan dan bagian luar genital (vulva) jamur adalah penyebabnya. Keputihan merupakan sebuah infeksi yang sangat umum terjadi. Tiga dari empat wanita di dunia pasti mengalami keputihan minimal dalam hidupnya sekali. Semua wanita terkena tanpa memandang latar belakang, umur, pekerjaan ataupun kondisi lainnya.

Gejala Keputihan Pada Wanita Yang Abnormal Serta Penyebabnya

Keputihan bersifat fisiologis dan patologis (penyakit). keputihan terjadi Secara fisiologis menjelang dan sesudah menstruasi, ketika saat terangsang seksual dan stress emosional. Keputihan ini hal yang wajar terjadi pada wanita. Keputihan bersifat patologis akan diikuti dengan gejala gejala keluarnya lendir berlebih, berwarna putih ataupun kekuningan yang berbau gatal, terjadi rasa nyeri namun beberapa wanita nyeri ketika saat berhubungan intim pada daerah yang terinfeksi jadi membengkak. Jadi keputihan selain akan mengganggu kenyamanan aktivitas tentu bisa mengurangi keharmonisan hubungan suami isteri.

Penderita Keputihan

Berikut merupakan siapa saja yang berpotensi menderita keputihan yang abnormal atau mungkin bahkan mengalami malah keputihan yang parah :

  • Wanita pada masa hamil
  • Wanita yang yang berusia Subur
  • Wanita yang sedang mengidap penyakit kencing manis
  • Wanita yang memiliki berat badan berlebihan
  • Wanita yang menggunakan pil KB atau obat tertentu
  • Wanita yang mengidap penyakit kelamin
  • Wanita yang sering memakai celana ketat
  • Wanita yang menggunakan produk pembilas vagina yang kurang tepat. Karena memilih produk pembilas dan perawatan vagina yang tepat juga bisa menjadi solusi menjaga kebersihan dan kesehatan vagina. Crystal X merupakan solusi untuk menjaga kebersihan vagina anda yang aman dan sehat.

Penyebab dan gejala Keputihan

Penyebab keputihan merupakan hal yang harus wanita ketahui. Dengan mengetahui penyebab keputihan, anda tentunya akan lebih bisa dalam memilih obat keputihan mana yang cocok untuk anda gunakan. Jika anda menagalami keputihan yang gatal dan berbau tidak sedap mungkin anda bisa menggunakan pengobatan herbal dengan Nes V,karena produk yang satu ini telah lama di percaya dapat mengatasi berbagai macam masalah keputihan. Selain itu produk ini juga aman karena terbuat dari bahan- bahan yang alami.

Keputihan merupakan hal yang LUMRAH untuk setiap wanita. Hampir semua wanita mengalami keputihan,baik itu : remaja, ibu hamil, wanita dewasa, seorang wanita pada usia menopause, bahkan pada bayi yang baru dilahirkanpun dapat mengalami keputihan.

Keputihan di sebabkan diantaranya infeksi oleh mikroorganisme (bakteri Neisseria gonorrhoea, jamur Candida albicans, parasit Trichomonas vaginalis), keseimbangan hormon jadi terganggu, stres dan kelelahan kronis, benda asing dalam vagina, peradangan alat kelamin, atau gejala gejala adanya penyakit di dalam organ kandungan seperti kanker rahim, dan yang lainya.
Beberapa jenis keputihan yang masuk ke dalam keputihan fisiologi atau patologi. Dasarnya keputihan patologi lebih berisiko menjadi keputihan yang abnormal hal ini karena penyebab keputihan ini yaitu bakteri, infeksi jamur, atau virus.

faktor – faktor penyebab keputihan patologi

  • Jamur Candidas ataupun Monilia Jamur Candidas merupakan salah satu penyebab keputihan yang ciri cirinya kental, bau agak tajam, berwarna seperti susu, serta menimbulkan rasa gatal di vagina. Ibu hamil, penderita diabetes dan pemakaian alat KB yang tidak cocok merupakan orang – orang yang bisa menderita keputihan semacam ini. Penyebab penyebab keputihan jenis ini dapat juga menyebabkan vagina meradang dan kemerahan sehingga terasa sangat gatal.
  • Parasit Trichomonas Vaginalis merupakan Parasit penyebab keputihan yang ciri – ciri cairanya berwarna kuning kehijauan, berbau anyir, sangat kental, dan berbuih. Penyebab keputihan biasanya akan ditularkan melalui hubungan seksual, bibir kloset terkontaminasi parasit, atau danperlengkapan mandi yang digunakan secara bersama – sama
  • Bakteri Gardnella menjadi Penyebab akibat bakteri ini keputihan yang timbul berwarna keabu – abuan, berbuih, baunya amis, dan juga berair. Keputihan jenis inilah yang akan menimbulkan rasa gatal divagina sehingga rasa tidak nyaman.
  • Beberapa jenis virus tentu bisa juga menimbulkan atau memperparah keputihan anda. Virus yang bisa menjadi penyebab keputihan yaitu seperti herpes, HIV AIDS, dan condyloma. Pada umumnya, virus yang menjadi penyebab keputihan ini merupakan pemicu timbulnya penyakit kelamin. Virus condyloma bisa juga menyebabkan semacam kutil yang berair berbau pada sekitar vagina. Sedang virus herpes adalah penyebab keputihan yang juga dapat menyebabkan rasa gatal dan panas.
    Virus ini dapat ditularkan dengan hubungan intim lalu tumbuhnya luka melepuh disekitar vagina. Penyebab keputihan jenis ini yaitu bisa menimbulkan kanker rahim jika tidak diberikan penaggulangan serius.
  • Bakteri Treponema Pallidium menjadi Penyebab keputihan yang merupakan bakteri yang menjadi penyebab penyakit kelamin sifilis. Selain keputihan, bakteri satu ini juga bisa menimbulkan banyak kutil di area organ intim yang mengelilingi lubang vagina serta bibir kemaluan wanita.

Banyak wanita malu membicarakan keputihan, tapi apakah anda mengetahui jenis-jenis keputihan dan penyebab keputihan?

Tahukah anda apakah perbedaan antara keputihan normal dan keputihan abnormal itu?

Nah sekarang kita lihat macam-macam dari keputihan supaya anda bisa mengenali jenis keputihan yang anda alami.

Keputihan normal adalah ketika cairan yang dikeluarkan organ kewanitaan untuk bisa menjaga kesehatan vagina. Cairan ini sebenarnya membantu menjaga kebersihan vagina supaya vagina tetap basah dan terbebas dari kuman dan juga bakteri. Keputihan normal warnanya bening atau sedikit buram seperti susu menempel pada pakaian dalam.

Hal-hal yang bisa mempengaruhi perubahan serta sering tidak nya keputihan ini muncul adalah :

  • Kehamilan
  • Rangsangan seks
  • Diet
  • Ovulasi
  • Stress
  • Siklus menstruasi
  • Sedang menyusui

Keputihan tidak normal adalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi. Produk-produk kecantikan atau kebersihan seperti vaginal douche, pembalut, sabun, dan antibiotik bisa merubah PH balance di vagina yang akhirnya akan menimbulkan keputihan. Sebelum dan saat sedang menstruasi, kemungkinan infeksi vagina bisa menjadi lebih tinggi.

Inilah Tanda-tanda yang sering terjadi jika anda mengalami keputihan yang tidak normal :

  • Warna biasanya berubah kuning kehijauan
  • Cairan jadi lebih banyak
  • Vagina terasa panas saat buang air kecil
  • Gatal serta merah-merah di sekeliling vagina
  • Bau amis
  • Gangguan Menstruasi.

Menstruasi merupakan pendarahan bulanan dari pelapis rahim dari vagina pada wanita yang seksual sudah dewasa. Lama menstruasi rata-rata berlangsung sekitar 3-5 hari siklus rata-rata yaitu 28 hari. Ketika kondisi normal, menstruasi sebenarnya tidak menyebabkan gangguan berarti. Tapi pada sebagian wanita, mens terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari mereka, bahkan sangat menyiksa dikarenakan rasa sakit luar biasa (dymenorrhoea). Terlambat haid yang tidak teratur juga perlu anda waspadai karena berarti sidah terjadi abnormalitas ketika siklus menstruasi. Rasa nyeri yang timbul saat menstruasi bisa disebabkan berbagai faktor di antaranya yaitu faktor ketidakseimbangan hormon, seperti terjadinya peningkatan sekresi hormon prostaglandin yang menjadi kontraksi uterus yang berlebihan.

Semoga dengan mengetahui gejala keputihan pada wanita yang abnormal serta penyebab seperti di atas anda dapat dengan segera melakukan pengobatan ataupun pencegahannya. Diharapkan dengan adanya artikel di atas dapat sedikit membantu dan memberi informasi anda yang saat ini sedang mengalami masalah keputihan. Terimakasih dan salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *