Definisi Herpes Simpleks – Penyebab, Diagnosis Seta Pengobatannya

Pernahkah anda mendengar dan mengetahui apa itu penyakit kulit herpes simplex atau herpes simpleks?

Pengertian Herpes Simpleks

Herpes simplex adalah erupsi vesikula pada kulit dan juga membrane mukosa yang di sebabkan oleh virus herpes yang dapat menyerang bagian – bagian kulit seperti mulut,mata dan juga pada bagian kelamin.

herpes simpleks

Penyakit kulit herpes simplex ini bisa membuat kulit anda melepuh dan akan membuat terasa sakit di bagian otot pada sekitar lukanya. Sampai sekarang penyakit kulit herpes simplex ini masih belum dapat untuk di sembuhkan,namun masa kambuhnya dapat di persingkat dengan menggunakan obat herpes paling ampuh yang alami seperti halnya melia propolis. Penyakit herpes ini dapat menular melalui ciuman,saat bersentuhan maupun kontak secara secara seksual yang meliputi : anal,oral, maupun seks vaginal. Penularan dari virus herpes ini hanya membutuhkan kontak kulit dan dapat menular dari satu pasangan ke pasangan yang lain dan juga dari bagian tubuh satu ke bagian tubuh yang lainnya. Oleh karena itu terkadang sangat sulit untuk menganalisa penularan dari virus herpes ini bersumber dari siapa dan menurkan kepada siapa,karena virus herpes ini sangat mungkin tidak mempunyai gejala – gejala sama sekali selama bertahun – tahun.

Definisi Penyakit Kulit Herpes Simplek Beserta Penyebab dan Pengobatannya

Definisi Herpes Simpleks

Herpes simplex ini sangat erat hubungannya dengan jenis –jenis virus yang dapat menular dari manusia satu ke manuasia lain. Terjadinya luka akibat virus herpes simpleks ini dapat di tandai dengan kulit yang berwarna merah,gatal dan perih bahkan serasa seperti luka bakar. Kelainan luka pada kulit tersebut dapat terjadi baik secara sekunder maupun primer.

Penyebab Herpes Simpleks Muncul

Penyebab yang paling umum terjadi pada luka yang berada di daerah sekitar mulut ini sebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 atau biasa disebut HSV 1,sedangkan untuk luka di bagian kelamin itu disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 atau disebut HSV 2. Namun bisa juga luka yang di akibatkan oleh kedua virus tersebut terbalik tempat kejadian lukanya,karena terjadinya hubungan seks yang di lakukan oleh kedua penderita herpes simpleks tersebut.

Gambaran Klinis Herpes Simplex

Berikut merupakan beberapa gambaran mengenai penyakit kulit herpes simpleks :
Infeksi Virus herpes simplek memiliki kecenderungan terjadi pada frekuensi local dan mempunyai ciri – ciri dengan adanya lesi primer secara local.

Virus simplek tipe satu dan tipe 2 dapat menjadi 2 agen yang umumnya dapat menimbulkan sindrom secara klinis yang sangat jelas tergantung dari tempat masuknya.

A. HSV tipe 1 :

  • Infeksi primer secara ringan mungkin dapat terjadi pada saat masih anak – anak masih dalam usia di bawah 5 tahun
  • Sekitar 10% dari infeksi yang primer bisa menjadi sebab terbentunya penyakit yang semakin berat dan akan menyebabkan demam serta malaise. Hal tersebut dapat berlangsung lama bahkan sampai beberapa minggu dan akan dihubung-hubungkan dengan keberadaan lesi yang bersifat vesikuler di dalam mulut,terdapatnya infeksi pada mata ataupun terdapatnya erupsi pada kulit generalisata yang mungkin dapat memperberat eksema kronik
  • Reaktivasi infeksi laten ini bisa saja mengakibatkan munculnya cold sore atau luka-luka demam yang bisa saja muncul vesikel bening pada asar yang eritematus. Dan juga biasanya terdapat pada bagian wajah dan juga pada bagian bibir.
  • Reaktivasi ini mungkin saja muncul karena di timbulkan oleh trauma,demam ataupun penyakit lain.

B. HSV tipe 2:

  • Virus HSV 2 ini mampu menjadi penyebab terjadinya herpes genital walaupun herpes genital bisa juga di akibatkan oleh adanya virus HSV 1
  • Herpes genitalis umumnya terjadi pada orang – orang dewasa dan biasa menular lewat hubungn seksual.
  • Adanya infeksi secara primer dan rekuren mungkin saja terjadi dengan ada atau tidak adanya gejala yang mungkin di timbulkan.

Diagnosis Herpes Simpleks dan Pengobatannya

Diagnosis penyakit kulit herpes simpleks ini bisa saja dilakukan dengan gambaran klinis. Adapun untuk pengobatan herpes simplex ini bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Anda dapat memberikan salep dan povidon-iodin
  • Idoksuridin dapat di lakukan pada lesi kulit]
  • Dapat juga dengan memberi asiklovir pada penderita herpes genitalis yang masih terkena pada tahap awal dan rekuren. Dengan takaran 5 x sehari sebanyak 200mg – 400 mg
  • Untuk ensefalitis H.simplex serta pasien yang mengalami ataupun menderita supresi imun dapat di berikan infus asik lover i.v
  • Perawatan dengan membersihkan kulit yang mengalami luka dengan menggunakan air garam dan menjaganya agar tetap kering merupakan perawatan yang bisa anda lakukan untuk herpes zoster dan untuk gentian violetnya dapat anda oleskan pada bagian kulit yang luka.
  • Pemberian asiklovir dalam bentuk pil yang di berikan hingga lima kali dalam sehari merupakan pengobatan yang baku untuk HSV.

Cara mencegah Penyakit Kulit Herpes Simpleks

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah penyebaran dari herpes simplex,diantaranya adalah :

  • Hindarilah hubungan seksual dengan orang lain apabila masih ada vesikel.
  • Hindarlah memakai barang secara bersama,misalnya seperti : pakaian,selimut,handuk dan peralatan makan.
  • Hindarilah pemicu dan pencetus adanya rekuren, yang diantara di sebabkan oleh : kurang tidur,stress dan masih banyak lagi.

Semoga sedikit artikel dari kami diatas tentang definisi herpes simpleks berserta diagnosis, mencegah dan juga pengobatannya dapat memberikan informasi yang bermanfaat serta dapat memberi pengetahuan untuk anda yang saat ini mungkin mengalami masalah dengan penyakit kulit he4rpes simpleks ini. Terimakasih dan Salam Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *